Welcome to My Blog. Please Follow and comment before you leave this page. Thank You...

Sabtu, 10 Maret 2012

Komponen Komponen pada Delphi

Langkah awal untuk menjalankan program Borland Delphi 7, adalah sebagai berikut : 

  • Klik tombol Start yang terletak pada bagian Taskbar.
  • Pilih menu Programs Borland Delphi 7 , kemudian klik Delphi 7 .
  • Akan tampil sebuah splash screen Borland Delphi 7 . Tunggulah beberapa saat sampai program BorlandDelphi 7 tampil memenuhi layar monitor.
  • Bidang kerja Intergrated Development Environment (IDE) Delphi 7 akan tampil memenuhi layar
  • monitor seperti diperlihatkan pada gambar  berikut ini. Pada bidang inilah programmer dapat menumpahkan kreativitasnya dalam membuat program.
    image
Jendela IDE Delphi 7 mempunyai perangkat-perangkat yang dapat dipergunakan untuk memudahkan seorang programmer dalam membuat program. Secara default , Borland telah mengatur letak perangkat-perangkat sedemikian rupa, perangkat-perangkat tersebut diantaranya : 

Menu 

Menu pada Delphi memiliki kegunaan seperti menu pada aplikasi Windows lainnya. Dari menu ini programmer dapat memanggil, menyimpan program, menjalankan program, meremove komponen atau menambahkan komponen baru dan lain sebagainya. Singkatnya segala sesuatu yang berhubungan dengan IDE Delphi dapat Anda lakukan dari menu.

Speed Bar 

Speed Bar atau yang sering juga disebut toolbar berisi kumpulan tombol yang tidak lain adalah pengganti beberapa item menu yang sering digunakan. Dengan kata lain, setiap tombol pada Speed Bar menggantikan salah satu item menu. Sebagai contoh, tombol kiri atas adalah pengganti File New , tombol disebelah kanannya adalah pengganti menuFile Open , dan seterusnya.

Component Palette 

Component Palette berisi kumpulan icon yang melambangkan komponen-komponen pada VCL ( Visual Component Library ). VCL adalah merupakan pustaka komponen yang dengannya Anda dapat membangun sebuah aplikasi. Pada Component Palette , terdapat beberapa tab, yaitu Standard , Additionals , Data Access ,Data Controls dan lain sebagainya.

 Object TreeView 

Object TreeView berisi struktur pohon yang menampilkan semua nama komponen yang telah Anda letakkan pada form designer atau biasa juga disebut dengan hirarki seperti pada Windows Explorer .

Object Inspector 

Object Inspector digunakan untuk mengubah karakteristik dari sebuah komponen. Ada dua tab pada ObjectInspector , yaitu Properties dan Events . Pada tab Properties Anda dapat mengubah nilai dari beberapa komponen yang telah diletakkan pada form , sedangkan tab Eventsdigunakan untuk menyisipkan kode untuk menangani kejadian tertentu. Kejadian dapat dibangkitkan karena bebarapa hal, seperti pengklikan mouse, penekanan tombol keyboard, penutupan jendela dan lain sebagainya.

Form Designer 

Form Designer merupakan tempat dimana programmer dapat merancang jendela aplikasi atau tempat untuk desain interface dari aplikasi Windows . Desain form dilakukan dengan cara meletakkan komponen-komponen yang diambil dari Component Palette .

Code Editor 

Code Editor adalah tempat dimana programmer menuliskan kode program yang pernyataan-pernyataannya dalam bahasa Object Pascal . Hal utama yang perlu diperhatikan dalam Code Editor adalah Anda tidak perlu menuliskan seluruh kode sumber karena Delphi telah menuliskan semacam kerangka sumber.


sumber

0 komentar:

Posting Komentar