Welcome to My Blog. Please Follow and comment before you leave this page. Thank You...

Kamis, 24 November 2011

Masyarakat Perkotaan dan Masyarakat Pedesaaan


Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan hal yang berhubungan dengan Masyarakat Perkotaan dan Masyarakat Pedesaan.

Apa Sih Masyarakat itu ??
Masyarakat (sebagai terjemahan istilah society) adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup (atau semi terbuka), dimana sebagian besar interaksi adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut. Kata "masyarakat" sendiri berakar dari kata dalam bahasa Arab, musyarak. Lebih abstraknya, sebuah masyarakat adalah suatu jaringan hubungan-hubungan antar entitas-entitas. Masyarakat adalah sebuah komunitas yang interdependen (saling tergantung satu sama lain). Umumnya, istilah masyarakat digunakan untuk mengacu sekelompok orang yang hidup bersama dalam satu komunitas yang teratur.
source :
http://id.wikipedia.org/wiki/Masyarakat


Ciri Ciri Masyarakat Apa Saja ??

1.       Interaksi diantara sesama anggota masyarakat
Ya pasti sebuah masyarakat  melakukan interaksi dengan kontak sosial atau komunikasi.
2.       Menempati wilayah dengan batas batas tertentu
Dapat dikatakan masyarakat adalah bila menempati wilayah tertentu , dan memiliki batas wilayahnya, misalkan adanya beragam Desa, Kecamatan dll.
3.       Saling tergantung antara satu dengan lainnya ( tidak bisa hidup sendiri )
Manusia sebagai makhluk sosial tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain
4.       Memiliki adat istiadat tertentu dan kebudayaan
Ini merupakan ciri utama indonesia, setiap masyarakat pasti akan membentuk budaya atau iatiadat tertentu, dan indonesia adalah negara yang paling banyak memiliki budaya dan adat istiadatnya  maka masyarakat yang terbentukpun sudah pasti banyak.

Nah dari 2 penjelasan diatas kita sudah mengetahui pengertian Masyarakat dan Ciri cirinya, dan sekarang saya akn menjelaskan pembagian masyarakat. Masyarakat dibagi menjadi 2 yaitu Masyarakat Pedesaan dan Masyarakat Perkotaan .

Masyarakat Perkotaan
Masyarakat perkotaan adalah masyarakat yang mendiami wilayah modern dan hidup di perkotaan. Biasanya gaya hidup yang mewah dan serba gampang untuk akses hidupnya, lebih mudah menerima sesuatu yang baru dll.

Masyarakat Pedesaan
Masyarakat pedesaan adalah masyarakat yang mendiami wilayah pedalaman yang jauh dari kota.  Biasanya gaya hidup yang sederhana serta tidak mudah menerima sesuatu yang baru.

Hubungan antara masyarakat pedesaaan dan perkotaan biasanya memiliki rentan yang bertentangan, dengan berpendapat bahwa derajat mereka tidak sama hal inilah yang selalu mejadi konflik di masyarakat kita. Sebenranya perkotaan dan pedesaan sama sama memiliki keunggulan dan kelemahan masing masing tergantung kita menyikapinya.

Salam
Maman Ruhaman  
HARGAI PERBEDAAN YANG ADA, BERBEDA ITU MENARIK DAN INDAH





0 komentar:

Posting Komentar