Welcome to My Blog. Please Follow and comment before you leave this page. Thank You...

Jumat, 30 September 2011

Hubungan Keluarga , Lingkungan Dan Individu

Kita dilahirkan kedunia ini bagaikan sebuah kertas putih yang tak bernoda, suci putih bersih. Lalu kita tumbuh dan berkembang dari bayi hingga balita , dari balita hingga kanak kanak , dari kanak kanak hingga remaja , dari remaja hingga dewasa , dari dewasa hingga manula. Ya itulah siklus kehidupan, tumbuh ditandai dengan bertambahnya berat/tinggi seseorang sedangkan perkembangan ditandai dengan berkembangnya Kepribadian seseorang ( misal, karakter, sifat, dll ).

Pada perkembangan Kepribadian seorang invidu sangat dipengaruhi oleh faktor keluarga dan lingkungannya, nahh pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang HUBUNGAN PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN PADA KELUARGA, LINGKUNGANNYA DAN INDIVIDUNYA. Namun sebelum kita terlalu jauh, saya akan menerangkan arti dai kata Kepribadian terlebih dahulu :

Kepribadian adalah keseluruhan cara di mana seorang individu bereaksi dan berinteraksi dengan individu lain. Kepribadian paling sering dideskripsikan dalam istilah sifat yang bisa diukur yang ditunjukkan oleh seseorang.


Kepribadian seseorang akan berbeda beda dikarenakan faktor keluarga, lingkungan bergaulnya dan individunya sendiri, berikut penjelasannya :

Yang pertama keluarga, ya keluarga adalah tempat kita pertama bersosialisasi, kita merasa aman dan nyaman ketika kita dicintai dan disayangi penuh oleh keluarga kita, secara tidak kita sadari keluraga mengajari kita banyak hal hingga kita siap untuk menghadapi masyarakat, kita ditanamkan moral oleh ibu, ayah bahkan kakak, nah disinilah kepribadian dasar kita akan terbentuk

Yang kedua adalah Lingkungan, disini  paling signifikan terjadi, Lingungan tempat seseorang bergaul akan memenuhi 60 % dari pembentukan kepribadian seseorang, karena seorang individu akan melakukan aktifitasnya setelah mulai memasuki usia sekolah, dimulai dari umur 6 tahun hingga perkuliahannya, waktu keseharian seseorang akan dihabiskan di luar sana, disini seorang individu akan menemui hal hal baru yang belum pernah ditemukan di sebuah keluarga, mulai dari hal positif sampai yang negatif, seorang individu akan memperlajari itu semua, tergantung dari invidunya  sendiri akapah dia akan mengambil yang positif atau yang negatif.

Yang terakhir adalah Individunya sendiri, semua yang diajarkan dalam pembentukan kepribadian baik di keluarga maupun lingkungan akan dikembalikan pada setiap individunya sendiri, seseorang harus memfilter sendiri mana yang baik atau tidak untuk dirinya sendiri.

Jadi antara keluarga , lingkungan dan individunya sendiri sangat berpengaruh dalam pembentukan kepribadian seseorang,

Kita sebagai manusia sudah seharusnya bisa memfilter mana yang baik atau tidaknya suatu pergaulan untuk diri kita sendiri,


Salam,
Go green and Say No to Drugs

0 komentar:

Posting Komentar